Kerjasama dan Serah Terima Hasil Penelitian MKI (Museum Karst Indonesia)

0
321
Museum Kars Indonesia MKI Wonogiri

(27/11/2019) Rabu pagi, Tim visitasi Industri dari Prodi D3TI UNS berangkat menuju ke arah Wonogiri. Museum Karst Indonesia (MKI) menjadi tujuan utama kunjungan kali ini. Museum Karst adalah museum yang berisi koleksi informasi dan contoh batuan kapur, terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri dinilai merupakan museum karst terbesar dan terunik di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Pengelola dan dan Kepala Museum MKI

Museum Karst Indonesia di bawah pengelolaan Museum Geologi Bandung, sedangkan kawasan luar museum yang meliputi gua-gua dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri.

Tim Prodi D3TI UNS berjumlah 6 orang terdiri dari :

  1. Fendi Aji Purnomo, S.Si.,M.Eng.
  2. Berliana Kusuma Riasti.,ST.,M.Eng.
  3. Nanang Maulana Yoeseph.,S.Si.,M.Si.
  4. Yudho Yudhanto.,S.Kom.,M.Kom.
  5. Alumni : Nur Alif dan Wildan

Kunjungan ini diterima dengan baik sekali oleh Kepala MKI, Yakni ibu Dwi Eko Rukmini, S.AP dan juga para staff dan pegawai MKI yang terdiri dari 19 orang.

Berdiskusi dengan Ibu Dwi Eko Rukmini, S.AP

Tujuan utama dan kunjungan ini adalah melakukan perkenalan secara resmi dari D3 Teknik Informatika dalam rangka menjalin kerjasama riset penelitian sesuai bidang Informatika.

Tujuan kedua adalah melakukan demo produk IT dan sekaligus serah terima hasil penelitian berupa VR (Virtual Reality) Museum Karst Indonesia.

Serah Terima Hasil Penelitian VR Museum Kars

Harapan selanjutnya adalah terciptanya produk-produk berikutnya sebagai hasil nyata penelitian bersama sehingga dapat membantu pengelola Museum Kars dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi seperti publikasi wisata dan optimalisasi teknologi untuk kebutuhan museum.