Kerjasama dan Serah Terima Hasil Penelitian Museum Sangiran

0
377

Senin tanggal 2 Desember 2019 bertempat di ruang rapat Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran di Krikilan, Kec. Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah telah dilakukan serah terima hasil riset dari Prodi Diploma III Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret Surakarta berupa produk teknologi informasi berupa aplikasi Virtual Reality Museum Sangiran untuk Kluster Bukuran, Kluster Dayu, Kluster Ngebung dan Kluster Manyarejo.

Maksud dari awal penyerahan produk tersebut supaya masyarakat dapat menikmati aplikasi yang telah dikembangkan dan dapat dilanjut kerja sama lanjutan antara Universitas Sebelas Maret dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran dalam kolaborasi riset baik dalam pengembangan e-Museum, pengembangan system manajemen pengelolaan bahkan sebagai tempat magang dalam membantu perkembangan teknologi di BPSMP Sangiran.

Kedatangan rombongan dari UNS disambut baik oleh Kepala Seksi Pelindungan BPSMP Sangiran yaitu Bapak Dody Wiranto, S.S., M.Hum dan Kepala Seksi Pemanfaatan BPSMP Sangiran yaitu Bapak Iwan Setiawan Bimas, S.S. Kegiatan diawali dengan demo penggunaan aplikasi VR Museum Sangiran dan uji coba aplikasi oleh pegawai Museum Sangiran. Selaku perwakilan dari Universitas Sebelas Maret yaitu Ibu Hartatik, S.Si., M.Si. selaku kaprodi D3 Teknik Informatika UNS mengucapkan terima kasih sekali atas sambutan dan antusias dari Museum Sangiran, harapannya aplikasi yang telah dibuat langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakar misal dengan memasang/display aplikasi tersebut di Museum Sangiran atau dapat digunakan saat road show museum seperti Musseum goes To Campus (MGTC).

Akhir kegiatan dilakukan penandatanganan berita acara serah terima aplikasi antar kedua belah pihak dan foto bersama.

Kepala Seksi Pemanfaatan BPSMP Sangiran yaitu Bapak Iwan Setiawan Bimas, S.S. mencoba aplikasi VR Museum Sangiran

Demo aplikasi VR oleh Dosen UNS Bapak fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng

Serah terima CD berisi aplikasi VR Museum Sangiran oleh Kepala Prodi D3 Teknik Informatika UNS kepada Bapak Iwan , Sangiran , Sragen .

Serah terima berita acara penggunaan produk aplikasi oleh Kepala Prodi D3 Teknik Informatika UNS kepada Kepala Seksi Pelindungan BPSMP Sangiran yaitu Bapak Dody Wiranto, S.S., M.Hum