Prodi D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS mengenalkan Teknologi 4.0 untuk Guru-guru TK & PAUD Kec. Colomadu

0
89

(22/08/2020) Perkembangan teknologi dan kebutuhan akan informasi saat ini berkembang sangat pesat. Media pembelajaran yang berkembang saat ini wajib diketahui oleh seorang pendidik sehingga dapat digunakan secara maksimal. Seperti diutarakan ketua kegiatan Pengabdian dari D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng. bahwa situasi pandemi yang terjadi saat ini menuntut semua pelaku kegiatan untuk memanfaatkan teknologi sehingga tetap bisa saling terhubung.

Khusus di dalam dunia pendidikan, seorang guru harus tetap melakukan transfer knowledge kepada anak didik sehingga pembelajaran tetap dapat dilakukan. Kegiatan pengabdian ini berjudul “Inovasi Keterampilan Teknologi Informasi Guru-Guru TK dan KB di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran 4.0 Untuk Anak Didik

Gambar 2. Sambutan Kaprodi D3 Teknik Informatika Ibu Hartatik, M.Si. dan arahan kegiatan pengabdian oleh Bp. Fendi Aji Purnomo, M.Eng.

Ditambahkan juga oleh Kaprodi D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS yaitu Hartatik, M.Si. dalam sambutannya, bahwa kesuksesan pebelajaran tersebut tidak terlepas dari peran serta guru, peserta didik dan materi yang dikemas dengan baik. Pengemasan materi yang disusun dengan baik dan memberikan illustrasi pembelajaran merupakan salah satu solusi supaya transfer knowledge tetap berlangsung. Contoh dari pengembangan media ajar untuk anak TK saat pandemi ini yaitu berbasiskan audio visual.

Gambar 3. Pendampingan teknis pelatihan IT oleh dosen D3 Teknik Informatika SV UNS

Kegiatan yang dihadiri dan didukung oleh Pengawas Korwil IGTK Kec. Colomadu Bapak Masruri, S.Pd. dan Ibu Endang Darni, S.Pd., M.Pd. Serta Pengawas Korwil PAUD Kec. Colomadu Ibu Tutik Sulistyaningsih, S.Pd., MM. dan Bapak Mulyono S.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan guru-guru dalam penguasaan Teknologi Informasi. Masruri berpesan kepada peserta pelatihan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh UNS ini mohon Bapak Ibu Guru memanfaatkan dengan sebaik-baiknya supaya tidak ketinggalan teknologi dan dapat bermanfaat dalam menunjang pembelajaran di masa pandemic ini.

Gambar 4. Peran serta mahasiswa D3 Teknik Informatika SV UNS dalam kegiatan pengabdian

Melalui kerja sama kegiatan pengabdian antara UNS dengan K3TK ( Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak) dan PAUD Kec. Colomadu, menyelenggarakan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis video. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 22 Agustus 2020 tersebut diikuti sejumlah 60 peserta dari kelompok IGTK dan PAUD Kec. Colomadu yang terbagi menjadi 2 kelompok. Pembagian menjadi 2 kelompok tersebut bertujuan menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran covid saat ini. Pendampingan secara tatap muka diperlukan mengingat hasil observasi keterampilan guru-guru masih rendah sehingga memerlukan pendampingan secara langsung.

Gambar 5. Penyerahan media ajar 4.0 Edugames AR HALOKIDS dengan teknologi Augmented Reality dan Aplikasi Game Kesehatan untuk Anak.

Materi workshop dan pelatihan diberikan oleh dosen Prodi Diploma III Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS yaitu Taufiqurrakhman NH, S.Kom., M.Cs. dan Nanang Maulana, S.Si., M.Cs. meliputi optimalisasi media presentasi dalam video pembelajaran dan publikasnya ke youtube, serta melatih penggunaan alat konferensi seperti zoom dan google meet dalam penggunaan pembelajaran daring.

Kegiatan pengabdian juga dibantu mahasiswa Prodi D3 Teknik Informatika dari UNS yang telah membuahkan hasil. Melalui observasi kuisioner dan testimoni  oleh peserta pelatihan menunjukkan peningkatan ketrampilan dalam pembuatan media ajar berbasis video dan keterampilan internet. Sebagai salah satu contoh hasilnya dapat dilihat melalui portal edupaudi.id.

Gambar 6. Tutorial penggunaan Aplikasi Augmented Reality AR HALOKIDS dalam memperagakan pengenalan profesi kepada anak didik.

Kelanjutan Kegiatan pembinaan keterampilan TI kepada guru-guru TK dan PAUD tidak terbatas saat pelatihan saja, panitia telah membuatkan grup yang dapat digunakan untuk konsultasi peserta dan memudahkan komunikasi apabila guru-guru mengalami kesulitan yaitu melalui WA Grup. Dalam kesempatan yang sama UNS memberikan hasil penelitian berupa media pembelajaran 4.0 untuk anak dengan teknologi Augmented Reality yaitu AR HALOKIDS dan aplikasi edugame kesehatan kepada Ibu Wiwik selaku perwakilan dan Ketua K3TK Kec. Colomadu dengan harapan dapat dipergunakan sebagai alat peraga dalam memperkenalkan pembelajaran profesi, kebutuhanku, alat musik dan buah sayur kepada anak.

Gambar 7. Pengenalan aplikasi Edugame untuk anak dalam menjaga kesehatan