Berperan dalam Digitalisasi Desa Wisata di Watu Gambir,D3 TI kembangkan Aplikasi Desa Wisata

0
31

Di masa pandemi COVID-19 ini, digitalisasi mewabah disegala aspek kehidupan terutama demi menjaga dan meningkatkan perekonomian warga disektor UMKM daerah pedesaan.

Prodi D3TI (D3 Teknik Informatika) UNS ikut andil dalam mengambil peran digitalisasi pengembangan desa wisata di Watu Gambir, Desa Karang, Kabupaten Karanganyar dalam kegiatan Tridarma Dosen D3 Teknik informatika Sekolah Vokasi UNS yang tergabung dalam Riset grup Applied Informatics yaitu oleh Hartatik, S.Si, M.Si, Abdul Aziz, M.Cs, Nurul Firdaus, M.Info.Tech dalam kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat tahun 2021, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret .

Besarnya potensi wisata alam di desa wisata Watu Gambir patut untuk dipromosikan secara digital. kegiatan penelitian sebagai wujud tri darma Dosen Prodi D3 teknik Informatika SV UNS ini bekerjasama dengan Kepala Desa Karang, Bp. Dwi Purwoto, SE dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Bp Drs. Titis Sri Jawoto mensupport promosi desa wisata Watu Gambir dengan pembuatan Aplikasi Smart Village berbasis web, pembuatan video profile dan social media yang digagas oleh Dosen dan Mahasiswa prodi D3TI ,A. Niko P, Windhi Nur Safitri, Hafiidh An Naafi Suratno..

Aplikasi Web Desa Wisata ini mempermudah wisatawan untuk melakukan pemesanan tiket wisata ke flower garden dan danau, reservasi camping ground, river tubing, penginapan, restoran dan perahu. Aplikasi ini juga memberdayakan masyarakat desa yang mempunyai usaha hotel atau kuliner untuk mempromosikan usahanya. Peran dinas pariwisata akan sangat membantu proses digitalisasi desa wisata.

Dengan aplikasi inilah, kami berharap bisa menjadi jembatan kerjasama yang membawa keberkahan bagi prodi D3TI UNS, perangkat, masyarakat, dan wisatawan Watu Gambir.