FGD Inovasi Pembelajaran: Kolaborasi IDUKA dan alumni dalam implementasi pembelajaran berbasis CBL dan PBL Prodi D3TI SV UNS

0
205
Pembukaan FGD oleh Dekan Sekolah Vokasi UNS

Senin, 12 Juli 2021 dilaksanakan Forum Grup Discussion (FGD) Inovasi Pembelajaran Case Based Learning (CBL) dan project Based Learning (PBL) dengan mitra DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri)Surakarta via daring yang diikuti oleh direksi SV (Sekolah Vokasi), dosen dan alumni D3TI UNS. Hadir untuk memberikan sambutan Ketua Prodi D3TI, Ibu Hartatik S.Si., M.Si., dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan FGD oleh Dekan SV UNS, Bp Drs. Santoso Tri Hananto M.Acc., Ak., serta paparan pembelajaran CBL (Case based Learning) dan PBL (Project Based Learning) oleh Ketua Lab, Bp Muhammad Asri Safi’ie, S.Si., M.Kom.

FGD ini bertujuan untuk menggali teknologi terkini dalam penerapannya di dunia kerja/industri, yang mana akan di link and match-kan dengan pembelajaran CBL dan PBL di kampus. Narasumber diskusi dari mitra DUDI sekaligus juga alumni D3TI ini berasal dari berbagai bidang yaitu software development, animasi (AR/VR technology), game development, jaringan, NOC, dan technopreneur.

FGD Sesi 1: Software Development

Pada diskusi inovasi pembelajaran CBL dan PBL ini, mitra DUDI diantaranya GoJek, Ruang Guru, PT PINDAD, Arutala, PT KAI, Leomotions, Jonajo LLC, PT Angkasa Pura I, serta alumni yang berwiraswasta dalam bidang software development dan ISP (Internet Service Provider) diharapkan dapat memberikan problem, real world case atau proyek industri kepada mahasiswa yang nantinya bisa digunakan sebagai materi dalam proses pembelajaran di kampus. Selain itu, prodi juga berharap alumni bisa membagikan ilmu dan pengalaman yang didapatkan didunia kerja kepada adik tingkatnya serta memberikan peluang untuk magang ataupun bekerja.

FGD sesi 3 – Jaringan, NOC dan Technopreneur


Target yang ingin prodi capai bersama dengan alumni yang menjadi mitra DUDI ini adalah kolaborasi akademik dan riset serta kerjasama dalam menghadapi perkembangan kurikulum agar link and match dengan kebutuhan DUDI, MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), serta isu-isu penting dan tantangan Society 5.0.