D3 Teknik Informatika SV-UNS Unjuk Produk di Pameran UNS di STP

0
816
presiden jokowi d3ti sv uns

Bertempat di STP (Solo Techno Park), Jumat-Ahad (11-13 Maret 2022) tim Expo D3TI Sekolah Vokasi UNS bergabung mewakili Fakultas Sekolah Vokasi, bersama Prodi lain yakni : Teknik Mesin, Usaha Perjalanan Wisata dan Farmasi. Presiden Joko Widodo bersama para Menteri, Gubernur Jateng dan Walikota mengunjungi Pameran Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di Solo Technopark (STP), Jumat 11 Maret 2022.Solo Techno Park

Dalam kunjungannya usai mengikuti rangkaian acara Sidang Terbuka Senat Akademik dan meresmikan Gedung UNS Tower “Ki Hadjar Dewantara”, Jokowi mengunjungi pameran Dies Natalis 46 yang digelar UNS.

presidenjokowi

Pameran ini menampilkan produk-produk inovatif yang diselenggarakan oleh UNS untuk memeriahkan Dies Natalis ke-46 selama 3 hari mulai Jumat-Minggu 11 Maret – 13 Maret 2022.

pameran dies natalis uns 46 - 2022

Rektor UNS menyampaikan kontribusi aktif UNS dalam rangka membangun sebuah pemulihan ekonomi. Langkah tersebut diambil guna mendorong pembangunan inovasi dan menghimpun modal sosial untuk secara bersama-sama kembali membangun kebangkitan sosial dan ekonomi nasional.

Gbr. Pengunjung Melakukan Testing Produk VR Senjata

Melalui sektor ekonomi kreatif, UNS telah secara aktif berkolaborasi dengan STP untuk membangun ruang pendidikan terapan dan mempersiapkan UMKM untuk on-boarding bisnisnya secara langsung di unicorn-unicorn ekonomi kreatif Indonesia.

Gbr. Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho bersama Tim Sekolah Vokasi

Tim Expo D3TI menampilkan beberapa produk unggulan yakni : Aplikasi VR Senjata SS2 Kerjasama dengan PT. Pindad. Dan juga Aplikasi AR Hellokidz yang diperuntukkan untuk pendidikan PAUD. Pada kategori Sistem Informasi SI, D3TI juga menampilkan produk Aplikasi Go-Wisata dan Aplikasi untuk Konferensi CONFERENCE.

Aplikasi go-Wisata “watugambir” mensupport promosi desa wisata Watu Gambir dengan pembuatan Aplikasi Smart Village berbasis web. Mempermudah wisatawan untuk melakukan promosi tempat wisata secara digital . Wahana di tempat wisata watugambir diantaranya flower garden dan danau, reservasi camping ground, river tubing, penginapan, restoran dan perahu. Aplikasi ini juga memberdayakan masyarakat desa yang mempunyai usaha hotel atau kuliner untuk mempromosikan usahanya. Peran Dinas Pariwisata akan sangat membantu proses digitalisasi desa wisata. Aplikasi ini merupakan gagasan dan penerapan aplikasi desa wisata sebagai wujud implementasi digitalisasi desa wisata menuju SMART VILLAGE kerjasama Kabupaten karanganyar dan Prodi D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS.

Aplikasi Conference merupakan forum yang mempertemukan para peneliti dengan tujuan untuk mendiskusikan hasil-hasil penelitian sesuai topik pembahasan yang telah ditentukan. Aplikasi Conference adalah Aplikasi berbasis web. Menggunakan framework CodeIgniter 3.1.3 dengan basis data MySQL. Aplikasi ini menggunakan framework bootstrap yang menyediakan HTML, CSS, dan JavaScript untuk membangun desain website secara responsif.Aplikasi conference dapat mengelola penyelenggaraan conference mulai dari proses publikasi acara conference, pendaftaran, upload paper, review paper dan pembayaran.

Semua produk merupakan karya dari penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa D3TI UNS.

pameran dies natalis uns 46 - 2027

Gbr. Tim Mahasiswa D3 Teknik Informatika SV UNS

Gbr. Pengunjung Melakukan Testing Produk VR Senjata

Gbr. Kaprodi D3 Teknik Informatika Ibu Hartatik, M.Si SV UNS bersama Tim

Gbr. Dekan Sekolah Vokasi UNS Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak. bersama Tim