Gelar FGD, D3TI SV UNS “D3 vs D4” dari Sisi Karir

0
76

Dalam rangka Peningkatan Kualitas lulusan Teknik Informatika sebagai langkah penguatan kurikulum vokasi berbasis DUDI dan sebagai langkah persiapan Upgrade Program Studi Sarjana Terapan, Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika kampus Utama SV UNS prodi D3TI SV UNS melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) selama 2 hari yaitu 24 Mei 2022 dan 27 Mei 2022.

Kegiatan FGD Pada hari kedua dengan tema “D3 VS D4 ,  Kebutuhan Upgrade Program Studi Sarjana Terapan Program Vokasi yang Berkualitas dalam rangka Terobosan Link & Match  Dengan Industri.” yang diselenggarakan Jum’at (27 Mei 2022), dalam kegiatan FGD ini mengundang narasumber dari alumni D3 teknik Informatika yang saat ini menjadi praktisi bidang IT yaitu dari Gojek Indonesia (Yefta Andrea) dan  Achmad Ichwan Yasir, S.Kom., M.Cs. sebagai data Scientist, Jonajo Consulting . Ketua Panitia Berliana Kusuma R, M.Eng mengatakan dalam FGD ini dibahas tentang potensi karier lulusan D3 dan D4 peluang karier bidang IT. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Dosen D3TI.

d4 teknik informatik SV UNS

Gambar 1. Kegiatan FGD D3TI (solo) SV UNS

Yefta Andrea selaku narasumber  ,  lulusan D3 TI Solo sekolah Vokasi UNS yang saat ini bekerja di Gojek Indonesia , menjelaskan bahwa dengan ketuntasan kompetensi selama kuliah sudah sangat baik untuk mendapatkan pekerjaan. Ke depannya dalam peningkatan karier dibutuhkan terus diberikannya softskill bagi lulusan sehingga bisa berdaya juang dan berprestasi gemilang dalam pencapaian kinerja dan karier yang gemilang. Hal ini di dukung penjelasan dari Achmad Ichwan Yasir, S.Kom., M.Cs. lulusan D3TI Sekolah Vokasi UNS, sebagai data Scientist, Jonajo Consulting bahwa beberapa kompetensi mengadopsi kebutuhan tentang applied data scientist dan artificial Intellegence menjadi kebutuhan yang tinggi di bidang bisnis. Tentunya ini dapat  di berikan  dalam kurikulum misal melalui materi dalam suatu mata kuliah yang relevan atau satu matakuliah tersendiri. Kebutuhan D4 menurut data yang telah dihimpun oleh Achmad Ichwan Yasir, S.Kom., M.Cs. sangat luas, dan lulusan D4 tentunya akan lebih berani bersaing karena porsi praktik lebih besar yaitu minimal 60%.Ditambah lagi adanya program wajib magang minimal 1 semester bagi lulusan Vokasi tentunya ini sangat mendukung keterserapan lulusan Vokasi.

Gambar 2. Narasumber : Yefta Andrea dan Achmad Ichwan Yasir, S.Kom., M.Cs

d4 teknik informatik SV UNS-3.png

Gambar 3. Sambutan kaprodi D3TI Hartatik, S.Si,M.Si

Diskusi Kegiatan FGD D3TI (Solo) SV UNS

Selain itu, menurut Kaprodi D3 Teknik Informatika, Hartatik S.Si,M.Si, Sasaran kegiatan ini  guna meningkatkan kualitas lulusan berbasis DUDI, peningkatan sertifikasi kompetensi lulusan, menciptakan ekosistem kolaborasi yang baik antara PTV dan industri.

Sementara itu disampaikan bapak Dekan Sekolah Vokasi UNS , Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak , Kebutuhan Upgrade sarjana Terapan adalah terobosan Link and Match sebagai upaya peningkatan produktivitas dan daya saing lulusan perguruan tinggi vokasi berbasis industri .Upaya tersebut diantaranya mencakup penyelarasan kurikulum sesuai kebutuhan industri, perluasan penerapan teaching factory/teaching industry berkualitas, revitalisasi dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran dan praktik kerja, sertifikasi profesi, kompetensi dan tekhnologi masa kini yang dibutuhkan di dunia kerja.. (Hartatik D3TI/SV/UNS)