EWS Banjir Berbasis IoT: Tanpa Pulsa, Data lebih Real Time

0
265
EWS Banjir Berbasis IoT: Tanpa Pulsa, Data lebih Real Time

(02.07.2022) RADARSOLO.ID – Bencana banjir kerap menghantui pemukiman warga, di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Inilah yang menggugah kepedulian start-up Iotanic dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mereka membuat early warning system (EWS) alias alat peringatan dini bencana banjir. Menariknya, EWS ini sudah berbasis internet of things (IoT).

EWS Banjir Berbasis IoT: Tanpa Pulsa, Data lebih Real Time

Iotanic digawangi lima mahasiswa vokasi D3 Teknik Informatika. Mulai dari Rizky Joanditya, Ridho Fata Ulwan, Novian Rizky, Reyhan Emmillul Fata, dan Rudi Hartanto. Nama terakhir didapuk sebagai mentor.

Rizky Joanditya menjelaskan, pengembangan EWS berbasi IoT ini bertujuan untuk meminimalkan dampak banjir. Menghubungkan EWS dengan internet, yang bisa dipantau dari aplikasi di smartphone.“Ini merupakan hasil proyek pengabdian masyarakat kami di Pekalongan, Jawa Tengah. Karena di sana setiap turun hujan, sungainya selalu meluap. Maka kami buat alat ini, sebagai peringatan dini untuk masyarakat. Supaya mereka bersiap evakluasi, jika akan terjadi banjir,” katanya, Jumat (1/7).

EWS Banjir Berbasis IoT: Tanpa Pulsa, Data lebih Real Time

—————

D3TI SV-UNS : Menjadi pusat pengembangan kualitas SDM bidang teknologi informasi yang berkelanjutan dan unggul di tingkat internasional pada tahun 2045 dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

CONTACT US
Sekretariat D3TI SV-UNS
FMIPA UNS Gedung A Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta
Telephone/Fax: (0271) 663450
Email : kontak@d3ti.vokasi.uns.ac.id
Website: http://d3ti.vokasi.uns.ac.id
Youtube | IG | FB : d3tiuns

#d3tiuns #vokasiuns #universitassebelasmaret #sekolahvokasi #duniainformatika #diplomaterbaik #teknologiinformasi #ews #radarsolo #semangatpagi #jawapos #inovasi