D3TI SV-UNS mengikuti Indonesia Research & Innovation Expo (InaRI 2022)

0
148
inari expo 2022

(Kamis 27/10/2022) Indonesia Research & Innovation Expo 2022 (InaRI Expo 2022) diadakan di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat. Pameran riset dan inovasi terbesar ini diharapkan mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. InaRI Expo 2022 yang berlangsung mulai 27 – 30 Oktober 2022 merupakan event pertama yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.

inariexpo2022-vr

UNS yang diwakili oleh LPPM UNS yang didukung beberapa peneliti, salah satunya adalah Tim VR dari D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi. Dalam event selama 4 hari ini, Teknik Informatika menampilkan produk-produk VR terbaru seperti : ViRa – Virtual Reality untuk game memanah, VR Edukasi dan Game Penanganan Bencana Banjir, Game Math Kabur dan terakhir adalah VR untuk edukasi Pemadam Kebakaran.

Tahun ini InaRI Expo 2022 mengusung tema “Digital, Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”.

Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

InaRi Expo 2022 diiikuti sebanyak 239 peserta. Adapun dari 239 booth peserta pameran itu terdiri dari Perwakilan BUMN, Perwakilan BUMD, Asean-India Startup Festival, Perwakilan Negara G20, Perusahaan Swasta Nasional, Perguruan Tinggi (PT), Startup binaan BRIN, dan Sekolah-sekolah peserta National Young Inventors Award (NYIA)

Berikut ini adalah video dokumentasi INARI 2022 :