Pengabdian Prodi D3 Ti dalam kegiatan Riset Grup Apllied Informatics agar siswa gemar matematika

0
114

Dimulai dari diskusi tanggal 18 – 22 Januari 2021 dilaksanakan diskusi dengan SMP Al Firdaus dan dilakukan pengumpulan data sehingga ditemukan kesepakatan untuk bekerjasama menangani anak dengan keterbatasan diskalkulia, yang diwujudkan dalam kegiatan pengabdian kerjasama Universitas Sebelas Maret dengan SMP Al Firdaus.

Gambar . Penandatangan Surat Kesediaan Mitra Pengabdian

   Dalam analisis permasalahan yang dihadapi mitra dilakukan secara luring dan daring, untuk mengetahui kebutuhan sekolah sehingga dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang lebih optimal. Dilakukan juga pengecekan ketersediaan teknologi yang dimiliki sekolah untuk memudahkan implementasi aplikasi nantinya.

Gambar . FGD dalam rangka analisis data dan ketersediaan teknologi di Sekolah

Sebagai wujud kepedulian terhadap hak akan pendidikan bagi setiap orang tanpa membeda – bedakan maka dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa implementasi aplikasi Calculate it yang telah dibangun dengan mengimplementasikan Dyscalculia Screener yang dipadukan dengan materi prinsip – prinsip matematika dasar untuk membangkitkan minat belajar matematika bagi pengguna. Aplikasi ini berupa game yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasakan tekanan belajar.

Prodi D3 Teknik informatika dalam tim pengabdian Dosen mengembangkan aplikasi sebagai Solusi untuk penanganan anak diskalkulia dilakukan dengan mengimplementasikan aplikasi Calculate it, yaitu aplikasi game yang menyenangkan untuk siswa, siswa diajak untuk mengikuti alur permainan tanpa disadari siswa diuji dalam kemampuannya mengenal angka dan perhitungan sederhana. Diharapkan dengan implementasi aplikasi Calculate it ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal angka perhitungan sederhana sehingga siswa mampu lebih mandiri dalam kehidupan khususnya yang terkait dengan perhitungan sederhana. Semoga ini bisa menjadi sumbang sih peran Prodi dalam dunia pendidikan dasar dan menengah.