Prodi D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS berkontribusi mengembangkan pendidikan di TK Widya Putra melalui Produk Digital

0
179

D3TI SV UNS –Grup Riset Immersive Technology Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi UNS (D3 TI SV UNS) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bersama dengan Taman Kanak-Kanak (TK) Widya Putra Karanganyar, melakukan pemberdayaan masyarakat pendampingan pembelajaran AR pengenalan Profesi kepada anak didik dengan penggunaan media pembelajaran aplikasi ARHALOkids, Sabtu (25/6/2022).

Kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan peresmian renovasi gedung Taman Kanak-Kanak (TK) Widya Putra Karanganyar oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta serta kegiatan pelepasan peserta didik tahun ajaran 2021-2022 TK Widya Putra.

Selain oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Grup Riset Immersive Technology D3TI SV UNS, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DWP UNS, Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho, S.E; Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., bersama istri; Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.; Ketua Yayasan TK Widya Putra, Arlin Kuncoro Diharjo; Kepala Sekolah TK Widya Putra, Suciati, S.Pd.AUD.; sivitas akademika UNS selaku pelaksana renovasi gedung dan pengembangan pendidikan di TK Widya Putra Karanganyar; tokoh masyarakat; serta para wali murid.

Pembelajaran konvensional di masa pandemi covid-19 mewajibkan guru untuk berinovasi dalam menyajikan media pembelajaran bagi peserta didik. Kemajuan teknologi pada Era Digital memberikan ruang terhadap penerapan kompetensi-kompetensi dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanan (TK) dengan Teknologi Augmented Reality.

Augmented Reality (AR), merupakan media proyeksi antara dunia maya dan dunia nyata dimana anak-anak dapat melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi secara interaktif. Hal ini dapat mempengaruhi minat anak dalam menerima informasi pelajaran selaras dengan AR sebagai wadah tercapainya kegiatan belajar mengajar bersifat dinamis dengan kompetensi, ruang lingkup, waktu, pengajar dan peserta didik.

Guru-guru TK. Widya Putra, Kecamatan Jaten dituntut untuk menguasai dan menerapkan pembelajaran berbasis digital dengan latar belakang yang berbeda-beda. Pengabdian yang diselenggarakan bertujuan memberdayakan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital interaktif berbasis teknologi Augmented Reality.

Implementasi teknologi AR diharapkan dapat sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang sudah ditentukan dan membangun chemistry antara guru dan peserta didik sehingga proses belajar mengajar tidak terbatas ruang dan waktu. Harapan dari kegiatan pengabdian ini yaitu implementasi media pembelajaran ARHALOkids sebagai bentuk inovasi terhadap perkembangan proses belajar mengajar pada Era Digital di TK Widya Putra.

Dalam sambutan tim pengabdian yang diwakili oleh Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng., menjelaskan bahwa produk AR Halo Kid dengan teknologi augmented reality yang dilengkapi dengan kartu bergambar, dapat menjadi media pembelajaran literasi digital bagi anak yang kini semakin akrab dengan teknologi. Penggunaan aplikasi ini pun terbilang sangat mudah dan dapat diunduh pada gawai wali murid. Produk ARHALOKids diberikan kepada pengelola TK Widya Putra dan seluruh para wali murid yang hadir pada kegiatan ini untuk memperkaya media pembelajaran.