D3TI UNS Andil dalam Pembahasan Kurikulum INFOKOM

0
77
rapat kerja aptikom

Dalam rangka memasuki era revolusi industri 4.0, peran IPTEK bidang informatika dan komputer akan menjadi leading sector yang berada di garis depan untuk mengintegrasi berbagai aspek kehidupan. Sejarah telah mencatat bahwa kontribusi teknologi informasi terbukti memberikan nilai tambah lebih dalam meningkatkan mutu kehidupan. Oleh karena itu penguatan sektor informatika dan komputer bagi Bangsa Indonesia bukan hanya sekedar pemenuhan kebutuhan saja tetapi sudah menjadi tututan dari bangsa ini untuk bisa sejajar dengan bangsa-bangsa yang lain.

Perguruan tinggi sudah selayaknya menjadi garda depan untuk menghasilkan para pelaku penggerak mesin teknologi di bidang Informatika dan komputer. Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) bertujuan mensinergikan seluruh elemen dalam mengoptimalkan peran dan kontribusi pada penguasaan IPTEK dibidang informatika dan komputer salah satunya dalam hal pengembangan kurikulum bidang teknologi Informasi dan computer.

rapat kerja aptikom2

Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, Perguruan tinggi diharapkan untuk terus melakukan update kurikulum khusunya sesuai dengan kebutuhan industry saat ini. dan saling berkolaborasi dalam rangka memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kurikulum musti disesuaikan dengan teknologi  era industri 4.0 seperti : Internet of Things, Big Data dan Data Mining, Artificial Intelligent, Machine Learning dan Deep Learning telah diprediksi menjadi topik penting di masa yang akan datang . Untuk itu , diperlukan kontribusi dan peran dosen program studi sebagai insan institusi perguruan tinggi dalam kegiatan asosiasi yang berkaitan dengan pembahasan kurikulum INFOKOM berbasis OBE

.Tujuan dari dilaksanakan kegiatana ini antara lain :

  1. Pembahasan Kurikulum INFOKOM berbasis OBE
  2. Menyiapkan teknis implementasi kurikulum yang siap terhadap konsep MBKM

Mekanisme dan Design Kegiatan

  1. Peserta/dosen mempersiapkan dan mempelajari materi berupa :
  2. CC 2020 (ACM/IEEE)
  3. IS 2020
  4. CS 2013
  5. IT 2017
  6. SE 2014
  7. Diskusi yang dilaksanakan secara parallel sesuai dengan bidang
  8. Pelaksanaan diskusi dan presesntasi hasil

Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan tanggal 10-12 November 2022 yaitu bertempat di hotel Grand Keisha Yogyakarta dan di AMIKOM Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri dari perguruan tinggi berbagai prodi dengan jurusan yang relevan, ada kelompok system informaasi, informatika, rekayasa perangkat lunak, system computer, data science dan sekolah vokasi.

Dalam pelaksanaannya, diskusi sesuai dengan kelompok bidang, dalam hal ini sekolah vokasi melaksanakan diskusi guna Menyusun draft buku kurikulum berbasis OBE.

Kegiatan dihari pertama 10 november 2022, diawali dengan diskusi dan sharing informasi antar program studi dan masing masing karakteristik dari prodi sesuai dengan peserta yang hadir. Hasil dari diskusi hari pertama adalah draft profil lulusan.

Selanjutnya di hari yang kedua 11 november 2022, ada pengarahan dari Bp. Prohandoko dan selanjutnya presesntasi per bidang /kelompok prodi serta diberikan masukan untuk profil lulusan dan capaian pembelaran. Berdasarkan diskusi ini selanjutnya nanti sebagai dasar untuk mneyusun CPMK dan bahan kuliah.

Hasil diskusi pada hari pertama dan kedua dipimpin oleh Ibu Hartatik S.Si,M.Si sebagagi Ketua Fordi Vokasi dan selnajutnya dipresesntasikan di hari ketiga. Hasil presesntasi diikuti oleh seluruh peserta dan diberikan masukan oleh Bp. Prohandoko serta diskusi Bersama seluruh peserta dari semua bidang.

Gambar 2. Diskusi oleh  Ibu Hartatik S.Si,M.Si selaku ketua Koordinator Fordi Vokasi

Kendala yang dihadapi dan alternative solusi

Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancer. Kegiatan diskusi penyusunan buku membutuhkan waktu cukup banyak karena keberagaman vokasi dengan banyaknya program studi dan juga keberagaman nama prodi. Sehingga agak sulit dalam mengelompkkan rumpun.

Kesimpulan

Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancer dan ke depan sangat penting diagendakan untuk keikutsertaan dosen sebagai kontribusi dan peran prodi pada asosiasi dan perluasan jaringan sehingga berdampak baik terhadap perkembangan kurikulum sesuai dengan prodi TI.